Sabtu, 14 Juli 2012

Profil, Visi dan Misi SPHS

Serikat Pekerja PT Hero Supermarket Tbk
SPHS  

LANDASAN POKOK SERIKAT PEKERJA

Dalam rangka menciptakan suatu ketenangan dan keharmonisan bagi para pekerja dilingkungan perusahaan (PT Hero Supermarket Tbk), dipandang perlu adanya suatu jalinan kemitraan yang baik antara pekerja dan pengusaha agar masing-masing pihak dapat bekerja sama dalam meningkatkan produksi dan produktivitas kerja dalam arti kata pekerja turut bertanggung jawab terhadap kemajuan perusahaan dan pengusaha harus pula memenuhi hak-hak pekerja sesuai dengan harkat dan martabatnya.

Untuk mewujudkan perihal tersebut di atas dan sekaligus mencapai keserasian dan hubungan industrial  yang selaras di lingkungan perusahaan, diperlukan suatu sarana yang dinamis sebagai alur penyearah yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya. Oleh karena itu kami selaku Pengurus Serikat Pekerja PT Hero Supermarket Tbk (SPHS), ingin mengajak rekan-rekan untuk bergabung menjadi anggota Serikat Pekerja PT Hero Supermarket Tbk (SPHS), sebagai wadah yang mandiri yang menjembatani dalam hal memenuhi  Hak dan Kewajiban.

Berikut adalah anda bertanya kami menjawab :

Apakah SPHS itu?


SPHS adalah kependekan dari Serikat Pekerja PT Hero Supermarket Tbk yang selanjutnya dalam anggaran dasar disebut SPHS. SPHS ini merupakan suatu organisasi pekerja yang dibentuk secara sukarela, demokratis, bebas, mandiri tanpa ada campur tangan pihak lain guna memperjuangkan Hak dan Kepentingan pekerja dan keluarganya.

Kapan SPHS ini dibentuk dan di mana tempat kedudukannya?

SPHS dibentuk pada tanggal 1 September 1999 oleh para karyawan PT Hero Supermarket Tbk yang pada saat dibentuk telah memperoleh dukungan keanggotaan dari karyawan, serta telah memiliki legalitas dan terdaftar di Depnaker RI dengan No. KEP 663/M/BW/VII/2000 serta tercatat di Kandepnakertrans Kodya Jakarta Selatan dengan no. 103/V/P/VII/2001

Apa Misi dan VISI dari SPHS ini?


Misi dari SPHS ini adalah untuk memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja serta meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya,  guna terciptanya ketenangan bersama dalam bekerja, serta menjalin rasa kebersamaan dengan semangat kekeluargaan untuk mengangkat harkat dan martabat pekerja.

Visi dari SPHS adalah meningkatkan sumber daya manusia yang handal dan terpercaya dalam menopang dunia ritel di Indonesia.

Program Kerja
  1. Memberikan advokasi / Penyuluhan hukum
  2. Menyelenggarakan training-training tentang Serikat Pekerja baik didalam atau ke Luar Negeri
  3. Kegiatan-kegiatan sosial seperti Bakti Sosial, Keagamaan, SPHS Peduli
  4. Rapat-rapat rutin dengan Manajemen dalam rangka konsultasi
  5. Mengembangkan Koperasi karyawan
  6. Menyusun Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dengan pihak Manajemen
  7. Melakukan kunjungan ke cabang-cabang dalam rangka sosialisasi SPHSMenyelenggarakan diskusi dengan pihak Depnaker, ILO, APRINDO, Uni Apro, Uni Global
Apa fungsi /guna SPHS bagi anggotanya?
  1. Sebagai wadah untuk membangun persatuan dan kesatuan antar anggota yang dilandasi oleh semangat kekeluargaan serta kesetiakawanan dalam menggalang Solidaritas Pekerja.
  2. Membela dan melindungi hak-hak anggota serta memperjuangkan kepentingan-kepentingannya.
  3. Sebagai wadah untuk menyalurkan pandangan : masalah sosial, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Sebagai lembaga perundingan guna meningkatkan persyaratan kerja dan taraf hidup yang layak bagi kemanusiaan sesuai dengan harkat dan martabat pekerja.
  5. Sebagai lembaga edukasi dan konsultasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, produktivitas dan pemahaman akan hak dan tanggung jawab sebagai pekerja maupun sebagai anggota masyarakat dan menjadikan seorang pekerja yang profesional.
  6. Sebagai lembaga sosial guna membantu kehidupan anggota beserta keluarganya melalui kegiatan-kegiatan usaha.
Bagaimana sifat SPHS itu?
  • Mandiri, dalam mendirikan, menjalankan dan mengembangkan organisasi dan tidak dikendalikan oleh pihak lain di luar organisasi.
  • Demokratis, dalam pembentukan organisasi dan pemilihan pengurus serta demokrasi dalam memperjuangkan dan melaksanakan hak dan kewajiban organisasi.
  • Bebas, dalam melaksanakan hak dan kewajiban organisasi yang tidak di bawah pengaruh atau tekanan pihak lain.
  • Bertanggung jawab, dalam mencapai tujuan dan melaksanakan hak dan kewajiban kepada anggota, masyarakat dan negara tanpa ada campur tangan maupun tekanan dari pihak lain.
Apa landasan hukum SPHS?
  1. UUD 1945 pasal 28
  2. UU  No. 14 Tahun 1969 pasal 11 dan pasal 12
  3. Piagam PBB Tahun 1948 pasal 20 ayat (1) dan pasal 23 ayat 4 tentang Hak Azasi Manusia
  4. UU No. 18 Tahun 1956 tentang Persetujuan Konvensi ILO No. 98
  5. UU No. 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh
  6. KEPPRES No.83 Tahun 1988 tentang Ratifikasi Konvensi ILO No. 87 Tahun 1948
  7. KEPMENAKER No.201/Men/1999 , tentang Organisasi Pekerja
  8. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga SPHS sendiri
  9. UU Ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003
  10. SK Depnaker RI No. KEP 663/M/BW/VII/2000 serta tercatat di Kandepnakertrans Kodya Jakarta Selatan dengan no. 103/V/P/VII/2001
Bagaimana cara untuk menjadi anggota SPHS?
  1. Mengisi Formulir Pendaftaran Anggota SPHS
  2. Mentaati seluruh isi AD/ART SPHS
Dimana saya dapat memperoleh informasi lebih lanjut masalah SPHS ini?
  1. Sekretariat SPHS Nasional
  2. Sekretariat SPHS Korwil
  3. Sekretariat SPHS Cabang
Serikat Pekerja PT Hero Supermarket Tbk
(SPHS)
 and
Union Network International (UNI),Nyon, Switzerland

Sekretariat :
Jl. Jaya Mandala I No.23 Menteng Dalam - Jakarta, 12870 Indonesia

Telp/Fax :

 E-mail :
sekretariat@sphsherounion.com

Keberhasilan adalah sebuah proses, bukan suatu peristiwa tunggal. Untuk meraih setiap tujuan ada banyak syarat dan pengorbanan. Anda perlu pelajari apa yang mungkin, dan apa yang mustahil  Anda harus mengeksplorasi segalanya

2 komentar:

  1. Agungbudinugroho@rocketmail.comRabu, 26 September 2012 21.02.00 WIB

    istri saya yang bekerja di hero mengalami masalah dalam proses pengajuan pengunduran dirinya,,,
    Terkesan seperti pihak menejemen toko dmana istri saya ditempatkan seperti menganggap remeh masalah resignment dan tidak segera tanggap pada pengajuan pengunduran diri istri saya.
    Di toko kan ada staff SDM... Tolong dibantu agar proses pengunduran diri istri saya lancar.
    noticed: Ada beberapa kejadian yang menyebabkan saya merasa jengah dengan SDM Hero Taman Pinang. Salahsatunya adalah form pengunduran diri istriu saya ditemukan jatuh dilantai dan sementara pihak manager in charge tidak ada yang mengakui kapan surat pengunduran diri tersebut diserahkan kembali. Padahal saat itu saya sendiri yg menyerahkan kepada menejer in charge bernama Yuli saat itu.

    sampai detik ini istri saya belum mendapat ejelasan tentang bagaimana status pengunduran dirinya.

    trims
    pin BB 30b6da9e Atas Nama Ajeng Maharani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mengunjungi www.sphsherounion.com , menyikapi permasalahan yang menimpa istri dari bro Agung, kami akan membantu mencari penyelesaiannya. Untuk itu mohon untuk melampirkan data lengkap berupa nama, nrp, divisi bertugas, alasan pengunduran dirinya dan kronologis permasalahan agar kami bisa mencarikan solusi yang tepat.

      Hapus